Rabu, 22 Juni 2011

MATERI DAN STRATEGI WAWANCARA KERJA

MATERI DAN STRATEGI WAWANCARA KERJA

Proses wawancara kerja biasanya merupakan tahapan terakhir dari proses rekrutmen tenaga kerja, pada tahapan ini adalah tahapan yang mempertemukan user (Perusahaan/instansi) dengan calon karyawan yang telah melewati sekian tahapan tes pendahuluan sebelum menjalani wawancara kerja.

Sebenarnya wawancara kerja adalah suatu bentuk komunikasi yang menuntut efektivitas, untuk saling mengerti apa yang dimaksud oleh masing- masing pihak, dan dalam proses wawancara keberhasilan calon tenaga kerja dalam menjawab pertanyaan yang diajukan, merupakan suatu nilai tambah yang menunjang faktor-faktor lain yang dijadikan penilaian.

Bagi perusahaan proses wawancara kerja merupakan proses untuk membandingkan antara karakteristik pelamar dengan persyaratan jabatan yang harus dimiliki, dalam hal ini perusahaan akan menilai dan mengetahui apa yang dapat kandidat berikan (keahlian, kemampuan, kompetensi) kepada perusahaan dan bukan apa yang harus perusahaan berikan kepada kandidat/anda.

Ada beberapa tehnik dan metode wawancara yang dilakukan oleh perusahaan, unruk menjaring atau memperoleg karyawan yang sesuai dengan spesifikasi yang mereka butuhkan. Ada 4 tehnik wawancara yang lazim digunakan antara lain :

A. BEHAVIOURAL INTERVIEWS

Tehnik ini mengambil dasar pemahaman bahwa gambaran perilaku dan karakterisik seseorang diwaktu yang akan datang dapat diperoleh dengan mendapatkan data dan informasi di masa lalu.Kompetensi yang tercermin dari Tehnik Behavioural Interviews ini adalah :

· Interpersonal Competencies meliputi aspek keterampilan komunikasi, kemapuan bekerjasama dengan tim maupun kemampuan bekerja secara mandiri.

· Motivational competencies meliputi aspek yang mempengaruhi individu melakukan sesuatu antara lain motivation, kemampuan berprestasi, inisiatif, konsentrasi dsb.

· Individual competencies meliputi aspek kemapuan menghadapi resiko, integritas pribadi, dan fleksibilitas dalam berpikir dan bertindak.

· Managerial competencies Leadership meliputi aspek kemampuan individu dalam membuat strategi dan perencanaan, manajemen pengendalian.

· Analytical competencies meliputi aspek individu dalam hal kemapuan untuk mengambil keputusan, kemampuan melakukan analisa secara detail dan taktis, dan kemapuan melakukan pengembangan.

B. Case interview

Dalam hal ini pelamar dihadapkan pada suatu kasus yang harus dipecahkan, tugas dari pelamar adalah memahami dan mengerti pokok permasalahan dari suatu kasus, mampu melakukan analisa dan mempu memberikan solusi/alternatif pemecahan yang logis.

C. Screening Interview, biasa dikenal dengan istilah walk in interview, seringkali pelamar langsung diberikan kesempatan wawancara pada awal proses penerimaan, pada proses ini pelamar harus mampu menunjukkan latar belakang yang sesuai dengan karakteristik yang dinginkan perusahaan.

D. Group Interview

pada metode ini perusahaan membuat grup berisikan para pelamar yang telah diberikan peran masing-masing sebagai moderator, penulis, ketua kelompok, dan anggota. Untuk kemudian diberikan materi permasalahan untuk didiskusikan bersama, Pada proses ini akan dilakukan observasi dalam proses diskusi tersebut untuk memilih kandidat yang sesuai, yang tercermin dari kondisi pada saat proses diskusi berlangsung.

TEHNIK PERSIAPAN WAWANCARA KERJA

1. LAKUKAN PERSIAPAN AWAL

a. Kenali Kelebihan dan kelemahan anda, persiapkan suatu alasan keuntungan apa yang kan diterima perusahaan jika nada bergabung.

b. Persiapkan alasan mengapa anda layak menempati posisi tersebut.

c. Luangkan waktu anda untuk mengetahi seluk beluk perusahaan, seperti jenis bidang usaha. Untuk mengantisipasi jika anda diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan bidang usaha mereka.

d. Rencanakan untuk datang paling awal dan Rencanakan untuk mengakhiri wawancara dengan menyenangkan

2. PERSIAPKAN JAWABAN ATAS PERTANYAAN

a. Dengarlah pertanyaan dengan seksama, hindari meminta perulangan pertanyaan yang tidak perlu.

b. Rencanakan jawaban dengan hati-hati, berpikirlah dengan matang sebelum menjawab.

c. Mintalah penjelasan atas suatu pertanyaan jika anda tidak paham.

d. Berilah suatu contoh kasus dari suatu peristiwa yang membutuhkan analisa dan penyelesaian.

e. Bila perlu sertakan juga data pendukung yang mendukung argumen anda.

3. TUNJUKKAN ANTUSIAS DAN SEMANGAT ANDA

a. Selalu bersikap positif, terhadap mantan rekan kerja, atasan, tempat dan situasi kerja perusahaan dulu anda bekerja, jangan mengungkapkan kesan negarif pada saat anda ditanya mengenai mantan rekan kerja, atasan, tempat dan situasi kerja anda sebelumnya.

b. Buatlah sebuah resume singkat mengenai diri anda pada saat wawancara, tunjukkan kelebihan,kemampuan anda serta kepribadian anda yang baik.

c. Jangan pernah berkecil hati atau menyerah.

4. MENUTUP WAWANCARA

Ketika wawancara akan selesai, jangan langsung meninggalkan ruangan. pergunakan waktu yang singkat ini untuk keuntungan anda, sebaiknya anda :

a) Memberikan alasan bahwa anda layak mendapat pekerjaan ini.

b) Uraikan secara singkat kelebihan dan skill anda.

c) Ajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan .


SIMULASI TES WAWANCARA

Pada bagian ini, akan ditunjukkan jenis pertanyaan dalam proses wawancara, dan pilihan jawaban yang diajukan oleh pelamar.pilihan pertama menunjukkan jawaban yang lebih disukai.

A. CERITAKAN TENTANG DIRI ANDA.

1. Fokus pada satu dua hal pada pengalaman kehidupan anda pada lingkungan sekolah, pekerjaan atau komunitas sosial dan hubungkan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar.

2. Ceritakan riwayat hidup anda dengan singkat, mulailah dari sekolah menengah hingga pendidikan terakhir.

B. ANDA LULUSAN DARI UNIVERSITAS MANA, LULUS TAHUN BERAPA ?

Saya lulusan dari Universitas Negeri Seberang lulus tahun 2003

C. UNIVERSITAS NEGERI SEBERANG SAYA BELUM PERNAH DENGAR NAMA ITU, DARI KOTA MANA ?

(Jenis pertanyaan yang sering membuat mental jatuh/down) jawab saja apa adanya dan beri keterangan singkat mengenai akreditasi, status jurusan, jumlah dan nama fakultas, atau prestasi yang diraih Univesitas Anda.

D. Mengapa anda yakin bahwa anda layak menduduki posisi ini?

1. Gunakan contoh yang khusus, uraikan skill anda, pengetahuan dan pengalaman anda yang mendukung pekerjaan yang anda lamar.

2. Berilah penjelasan bahwa anda tidak terlalu yakin anda memenuhi persyaratan atau tidak, tetapi anda cepat belajar.

E. APA PEKERJAAN IDEAL ANDA?

1. Gambarkan pekerjaan Ideal” anda berkaitan dengan suatu pekerjaan atau tugas yang bisa anda kerjakan dengan baik dan sukses.

2. Gambarkan pekerjaan Ideal” anda berkaitan dengan suatu pekerjaan dimana anda bisa bekerja dengan mempergunakan skill dan pengetahuan yang anda peroleh di sekolah atau tempat kerja sebelumnya..

F. Apakah ada sesuatu hal yang membuat anda tidak suka pada atasan anda sebelumnya?

1. Saya sudah belajar banyak hal dari atasan saya sebelumnya, dan sangat sulit bagi saya untuk mengatakan tidak suka pada atasan saya.

2. Seringkali terlibat konflik kerja, tetapi secara umum tidak berpengaruh dengan hubungan kita.

G. MENGAPA ANDA INGIN BEKERJA DI PERUSAHAAN INI?

1. Buatlah suatu alasan yang signifikan mengenai perusahaan ini, dan jelaskan bahwa hal tersebut ini sangat berkesan buat anda.

2. Jawablah anda tidak begitu tahu mengapa, tapi anda merasa akan nyaman bekerja di sini.

H. BAGAIMANA CARA ANDA MENANGANI PEKERJAAN YANG SULIT ?

1. Berikan contoh cara anda menangani dan memecahkan problematika pekerjaan.

2. Jelaskan bahwa anda akan tetap bersikap tenang dan berkonsultasi dengan rekan kerja anda.

I. Apa yang paling anda sukai dan tidak anda sukai dari tempat kerja anda terakhir ?

1. Kesempatan bagi anda untuk menceritakan contoh situasi pekerjaan yang menunjukkan kemampuan anda, dan membuat anda merasa cocok dan yakin untuk mampu bekerja pada perusahaan yang anda lamar.

2. Jika anda tidak menyukai tempat kerja sebelumnya, ubahlah susut pandang anda, dan ceritakan menjadi suatu hal yang positif.

J. Prestasi apa yang paling membanggakan buat anda ? Mengapa?

1. Hubungkan dengan suatu pencapaian prestasi, dimana anda yang mengambil inisiatif, memecahkan masalah, dan berperan besar untuk menyelesaikan sesuai target, dan katakan pada saat itu anda merasa puas karena bisa mengembangkan skill anda.

2. Hubungkan dengan suatu pencapaian orestasi, dimana anda mengambil suatu inisiatif, untuk menerapkan sesuatu yang baru.

RANGKUMAN TIPS SINGKAT WAWANCARA KERJA

1. Wawancara kerja yang baik memerlukan latihan dan persiapan. Persiapan yang bagus akan membangun rasa percaya diri anda, akan membantu anda lebih rileks dan akan membuat nada lebih mudah memaparkan kualifikasi dan kemampuan anda.

2. Salah satu sebab keberhasilan dalam wawancara adalah kecocokan pewawancara dengan pelamar, kecocokan ini bisa timbul karena kesopanan dan kepribadian yang baik dari pelamar,intelektualitas anda, bakat dan sikap positif anda.impresi awal yang anda berikan sangat menentukan.

3. Usahakan memakai pakaian formal lebih disukai berwarna gelap atau warna netral.

4. Jawablah pertanyan dengan jujur dan terbuka, jangan mencoba berbohong, pewawancara yang berpengalaman akan mudah mengetahui apakah anda berbohong atau tidak.

5. Berlatihlah menggunakan kata ganti SAYA daripada kata AKU

6. Berlatihlah untuk berjabat tangan secara formal dan berlatih bagaimana anda memperkenalkan diri anda, jabatlah tangan pewawancara dengan erat dan bersahabat.

7. Pelajari seluk-beluk perusahaan contoh : bidang usaha, jenis produk yang di hasilkan, kondisi persaingan.

8. Persiapkan materi keilmuan yang berkaitan dengan posisi yang anda lamar, pelajari sampai tuntas.dan simak berbagai peristiwa aktual yang sedang terjadi.

9. Berangkatlah lebih awal pada saat tes wawancara, jangan terlambat!!!

10. Jangan duduk sebelum anda dipersilahkan, duduklah dengan sopan dan tegap dan tarik napas panjang dengan tenang.

11. Tataplah mata pewawancara dengan hormat dan wajar, jangan terlalu sering menghadap/melihat ke bawah (lantai), dan jangan melakukan gerakan tidak perlu (mengusap hidung, memainkan tangan).

12. Jawablah dengan jujur semua pertanyaan, jangan terkesan dibuat-buat, bersikaplah wajar dan tampilkan kepribadian anda.

13. Jangan pernah memotong pertanyaan sebelum selesai diajukan.

14. Kendalikan diri anda, ketika jawaban anda berbeda dengan keinginan pewawancara, jangan berdebat..!!, apalagi menyalahkan pendapat mereka, Ingat dalam kondisi apapun nilai tawar anda lebih rendah dibandingkan pewawancara.

15. Ucapkan terimakasih telah diberikan kesempatan untuk mengikuti proses seleksi ini”, sebelum anda menjawab pertanyaan pertama.

16. Jangan menganggap remeh pertanyaan yang diajukan. Jika pewawancara menanyakan sesuatu yang aneh atau tidak masuk akal, tetap jawablah dengan masuk akal, jangan terbawa arus.

Contoh : jika anda menjadi angin apa yang anda lakukan ?

Jawab : Jika saya menjadi angin, saya akan menggerakkan kincir angin pada pembangkit

listrik sehingga tetap berguna.

17. Jangan terjebak dengan sikap pewawancara yang kadang terkesan aneh.

Contoh : Asyik bercerita sendiri sementara anda di acuhkan, seringkali mereka sedang menguji anda lewat cara ini.

18. Jangan terbawa arus dengan sikap pewawancara atau gaya mereka saat wawancara misal: mengajak anda terus bercanda sampai anda sendiri bingung atau malah ikut-ikutan bercanda, kendalikan diri dan tetap fokus.

19. Jangan menjawab pertanyaan terlalu singkat seperti ucapan ya, tidak, pernah, belum pernah

20. Jawablah semua pertanyaan dengan tenang, runtut.jika anda benar-benar tidak tahu katakan saja Mohon maaf saya belum dapat menjawab pertanyaan bapak/ibu,tapi saya akan mencoba mencari informasi yang berkaitan dengan pertanyaan bapak/ibu. terimakasih. Akan jauh lebih baik daripada anda menjawab singkat seperti : Tidak Tahu.

21. Jika anda diberi kesempatan untuk bertanya, Bertanyalah..!!!. ini menunjukkan anda punya inisiatif.

Contoh : Terima Kasih atas kesempatan yang bpk/ibu berikan, saya mau menanyakan :

a) Apakah ada sistem pelatihan bagi karyawan baru ?

b) Apakah ada fasilitas beasiswa dari perusahaan bagi karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan ?

c) Apakah perusahaan memberikan progam pengembangan kemampuan bagi karyawan lama ?

22. Ucapkan banyak terima kasih kepada pewawancara atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada anda pada akhir wawancara.

23. Setelah selesai wawancara, tidak ada usaha lagi selain berdoa dan bertawakal.

CONTOH PERTANYAAN DAN JAWABAN DALAM WAWANCARA

1. Coba anda perkenalkan diri anda atau coba ceritakan tentang diri anda:

Sebelumnya saya haturkan terimakasih telah diberikan kesempatan untuk mengikuti proses seleksi ini,

Nama lengkap saya adalah....

Saya biasa dipanggil........

Status...... (menikah/belum menikah)....

Latar belakang pendidikan.......

Saat ini saya tinggal di.........

Saya mempunyai hobi..............

2. Darimana anda tahu perusahaan ini membuka lowongan ?

a) Saya mengetahuinya dari koran Kompas

b) Saya membaca informasi dari situs karir.com

c) Saya mendapat informasi dari teman saya

3. Apa tujuan anda melamar di perusahaan ini ?

a) Saya memiliki motivasi untuk berkerja keras dan memperoleh penghasilan oleh karena itu saya ingin bekerja pada perusahaan yang sesuai dengan kemampuan dan pendidikan saya.

b) Saya menginginkan ritme kerja yang teratur dan terjadwal.

4. Apakah anda tahu mengenai bidang usaha dari Perusahaan kami?

Menurut informasi yang saya dapatkan perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan umum.

5. Mengapa anda memilih jurusan Ekonomi/Manajemen ?

Karena saya menyukai bidang ekonomi dan saya ingin mendalami ilmu ekonomi untuk mendapatkan pengetahuan, sehinggga saya nantinya mampu bekerja dengan baik.

6. 6. Selain kuliah, kursus atau pelatihan apa saja yang telah anda ikuti ?

a) Saya mengkuti kursus Bahasa Inggris dan kursus perpajakan

b) Saya mengkuti kursus komputer dan kursus ketrampilan

7. 7. Apakah anda pernah bekerja sebelumnya ?

a) Sudah, Terakhir saya bekerja pada PT. Sriwijaya di kota Padang.

b) Saya belum pernah bekerja secara formal karena saya baru selesai kuliah, tetapi semasa kuliah saya bekerja paruh waktu di koperasi kampus.

8. 8. Mengapa anda keluar dari pekerjaan anda ?

a) Saya keluar karena kontrak kerja saya selesai

b) Saya memutuskan berhenti karena saya ingin mengembangkan karir

9. 9. Apakah anda bersedia bekerja dengan sistem target kerja setiap bulannya ?

a) Bersedia, kalau memang itu menjadi kewajiban saya selaku karyawan

b) Saya akan berusaha semaximal mungkin, untuk memenuhi target kerja setiap bulannya.

10. Apa kelebihan anda?

Saya mempunyai ketrampilan dan kemampuan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan pada pekerjaan yang perusahaan tawarkan, dan juga saya memiliki mental serta integritas yang baik.


11. Apa kelemahan anda ?

Sebutkan kelemahan anda (jangan banyak-banyak), dan berikan alternatif pemecahannya/ solusi yang anda buat untuk mengatasinya.

Salah satu contoh kelemahan saya adalah :

a) Saya mempunyai sifat pelupa dan sudah lama saya berusaha mencoba mensiasatinya dengan mencatat hal-hal yang saya anggap penting pada sebuah agenda kerja dan sejauh ini berjalan lancar.

b) Saya mempunyai kelemahan belum menguasai progam komputer sepenuhnya, akan tetapi sudah satu bulan terakhir ini saya kursus komputer, dan sudah banyak kemajuan yang saya dapatkan

c) Seringkali kalau sedang melakukan pekerjaan sering lupa waktu, karena terlalu asyik menekuninya

d) Saya mempunyai kelemahan dalam masalah kedisiplinan, dan saat ini saya terus berusaha memperbaiki diri karena saya tahu itu tidak baik untuk perkembangan karir saya.

12. Apa yang dapat anda pelajari dari kesalahan yang anda buat?

a) Dari suatu kesalahan saya memperoleh ilmu baru untuk memperbaiki kinerja saya.

b) Saya bisa belajar untuk memperbaiki metode saya dalam bekerja

c) Saya termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi

13. Anda pernah tidak mempunyai masalah dengan rekan kerja anda?

Kalau permasalahan pribadi belum pernah, Mengenai masalah pekerjaan beberapa kali terjadi konflik tapi masih wajar, mungkin dikarenakan cara pikir kita yang berbeda dalam menyikapi suatu pekerjaan.

14. Apa yang akan anda lakukan jika anda bermasalah dengan atasan anda ?

a) Saya akan menemuinya secara pribadi, akan berdiskusi dan mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi.

b) Saya akan introspeksi terlebih dahulu, kemudian menemui atasan saya untuk saya ajak berdiskusi mengenai permasalahan tersebut.

15. Apakah anda mempunyai saudara yang bekerja di perusahaan ini ?

a) Saya tidak punya saudara yang bekerja di perusahaan ini

b) Saya mempunyai saudara yang bekerja di perusahaan ini, akan tetapi berbeda bagian dengan posisi yang saya lamar saat ini.

16. Posisi apa yang anda inginkan jika diterima di perusahaan ini?

a) Saya menginginkan posisi Marketing Manager, dan saya sangat berterimakasih jika saya diberikan kesempatan untuk bekerja sesuai latar belakang pendidikan dan pengalaman yang saya miliki.

b) Saya menginginkan posisi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kemampuan saya

17. Bagaimana cara anda menyelesaikan pekerjaan yg menumpuk dan sama-sama penting?

Terlebih dahulu saya akan menerapkan skala prioritas kepentingan dan saya akan memilih pekerjaan yang paling penting dan paling mendesak untuk diselesaikan.

18. Jika saudara diterima di perusahaan ini, bersediakah anda untuk ditempatkan di cabang-cabang manapun di seluruh Indonesia?

Saya bersedia, sejauh itu merupakan tugas dan konsekwensi saya selaku karyawan pada perusahaan.

19. Berapa gaji yang anda harapkan, jika anda di terima ?

a) Saya menginginkan standar gaji yang sesuai dengan jabatan dan latar belakang pendidikan pada perusahaan ini, dan saya mengharapkan memperoleh gaji awal Rp.1.800.000. (Harus Sebutkan nilai nominalnya)

b) Khusus bagi fresh graduate, Jangan menyebut angka yang terlalu tinggi karena kemampuan Anda belum teruji atau menyebut standar gaji yang terlalu rendah, Jangan mengatakan Terserah pada standar gaji yang berlaku di perusahaan” karena akan menimbulkan kesan bahwa Anda adalah orang yang rendah diri .

20. Jika Perusahaan hanya sanggup menggaji anda lebih kecil daripada yang anda harapkan, Bagaimana?

a) Menurut saya tidaklah menjadi masalah seandainya besar dan kecilnya gaji ketika baru bekerja merupakan bagian dari proses pada perusahaan ini.

b) Sepanjang tidak terlalu jauh berbeda tidaklah menjadi suatu masalah, dan saya mengharapkan akan ada kenaikan gaji ketika beban maupun karir saya meningkat

MENGATASI PERTANYAAN SULIT DALAM WAWANCARA KERJA

1. Berapa banyak gaji yang ingin anda dapatkan ?

Berilah penekanan bahwa faktor gaji hanyalah satu dari sekian banyak alasan anda melamar di perusahaan ini, kesempatan dan kemajuan karir adalah salah satu hal utama yang menjadi pertimbangan.

2. Apa pandangan anda terhadap atasan anda sebelumnya ?

Berikan gambaran positif dan alasan anda bersikap positif kepada atasan anda (Mendukung pekerjaan anda, membantu beradaptasi dengan lingkungan kerja).

3. Dengan kemampuan dan pengalaman anda, mengapa sampai sekarang anda belum menemukan posisi yang sesuai ?

Jelaskan bahwa menemukan pekerjaan yang tepat jauh lebih penting dari pada hanya sekedar bekerja.

4. Kenapa kami harus menerima anda? Apakah anda tertarik dengan pekerjaan ini.

Berikan penjelasan, bahwa posisi ini sesuai dengan anda, jelaskan dengan ringkas resume pengalaman anda, dan latar belakang pendidikan yang mendukung anda.



FAKTOR NEGATIF KEGAGALAN DALAM WAWANCARA KERJA

Ada sekian alasan dalam kegagalan wawancara kerja, seringkali faktor-faktor yang menentukan berhasil dan gagalnya saat wawancara sangat bersifat subyektif, ada beberapa hal negatif yang menjadi pertimbangan pewawancara saat menentukan kelulusan calon tenaga kerja, ada baiknya anda mengetahuinya, antara lain:

1. Tidak melakukan persiapan saat wawancara, tidak mengetahui seluk beluk perusahaan yang dilamar.

2. Tidak mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan.

3. Bersikap sok tahu, dan gaya bicara yang seolah-olah andalah satu- satunya yang layak.

4. Tidak bersikap antusias dan positif saat wawancara.

5. Gugup dan tidak percaya diri

6. Kandidat tenaga kerja terlalu fokus dan mengutamakan masalah gaji & kompensasi.

7. Membosankan, terlalu agrsif, dan sombong

8. Kurang sopan dan kurang bersikap dewasa.

9. Tidak menghargai pengalaman kerja sebelumnya.

10. Tidak melakukan kontak mata dengan pewawancara.

MENUTUP PROSES WAWANCARA DENGAN BAIK

Jika anda tertarik dengan posisi yang ditawarkan dan merasa mantap, ada beberapa pernyataan yang bias anda katakana untuk menutup wawancara:

Contoh:

Bapak/Ibu, Saya sangat terkesan dan merasa terhormat dengan pengalaman yang saya dapatkan hari ini, dan saya sangat yakin saya mampu bekerja dengan baik sesuai dengan jenis pekerjaan yang bpk/ibu jelaskan, Informasi lebih lanjut sangat saya harapkan. Terima Kasih.

Salah satu alasan keberhasilan dalam proses wawancara kerja adalah karena pewawancara merasa nyaman bersama anda dan yakin bahwa anda Akan diterima oleh karyawan yang lainnya, Pewawancara memberi kesempatan untuk menunjukkan karakter anda, intelektualitas anda, bakat dan kemampuan anda. Tunjukkan antusiasme dan kelebihan anda. Proses wawancara kerja adalh proses komunikasi 2 arah, sehingga salah satu nilai positif bisa anda dapatkan jika anda mau dan mampu mengajukan beberapa pertanyaan yang baik, Pewawancara akan melihat aspek tersebut dan akan menilai anda sebagai pribadi yang positif dan percaya diri.

Contoh pertanyaan yang bisa anda ajukan antara lain :

1. Apakah perusahaan menyediakan pendidikan berkelanjutan ?

2. Apakah ada sistem target dan evaluasi terhadap kinerja karyawan ?

3. Apakah perusahaan memberikan pelatihan dan training bagi karyawan baru ?

4. Apakah ada jenjang karir bagi setiap karywan yang berprestasi ?

5. Apakah Perusahaan menyediakan fasilitas pendidikan bagi karyawan yang ingin meneruskan studinya ?


CARA BERPAKAIAN SAAT WAWANCARA

Penampilan adalah kesan pertama yang meyakinkan pewawancara, Secara umum, busana yang dikenakan haruslah sopan, tidak terkesan menyolok, gunakan pilihan warna yang netral maupun gelap dan nyaman di lihat dan dipakai. Untuk lelaki gunakan pakaian kemeja lengan panjang, untuk wanita gunakan pakaian resmi, jika anda berjilbab tetaplah anda mengenakan jilbab. Dan jangan terlalu banyak memakai aksesoris yang berlebihan.

Penampilan dan tindakan anda akan menentukan irama dari wawancara Usahakan memakai pakaian yang memberi kesan baik dan matang. Kaitkan dengan jenis pekerjaan anda, jika anda jenis pekerjaan yang dilamar adalah pekerjaan lapangan gunakan pakaian yang semi- formal, santai.

WAWANCARA GROUP/KELOMPOK

Wawancara grup/kelompok dilakukan untuk menguji bagaimana anda bereaksi, bertindak dalam suatu kelompok, seorang peninjau akan melakukan pengamatan dan observasi mengenai diri anda, ada beberapa point yang dijadikan pengamatan, antara lain :

1. Keaktifan anda selama proses tes kelompok dilakukan

2. Karakter kepemimpinan anda

3. Adaptasi anda terhadap teman grup anda

4. Cara dan gaya komunikasi anda.

Ada dua jenis pelaksanaan wawancara Grup/kelompok, yaitu :

1. Wawancara Diskusi : Anda bersama kandidat kerja lainnya akan berada adalam satu ruangan, dan akan dihadapkan dengan beberapa pewawancara, Proses wawancara akan memberikan informasi kepada pewawancara beberapa point penilaian antara lain :

Kualitas kepemimpinan

Komunikasi dengan sesama kandidat

Tingkatan pengetahuan yang dimiliki kandidat.

Penerapan pengetahuan dan pengalaman yang dipakai dalam proses diskusi.

Tips: Utarakan pendapat, ide dan gagasan anda, jangan terlalu agresif, mengecam kandidat lain, biarkan kandidat lain berbicara dan jangan pedulikan kandidat lain yang terlalu agresif.

2. Panel Grup Interview: Pada prose ini seorang kandidat akan di hadapkan dengan tim interview yang terdiri atas pimpinan dari perusahaan. Kandidat akan diberikan pertanyaan oleh semua tim panel, kadang-kadang satu jenis pertanyaan sama diajukan oleh beberapa panelis. Dalam proses wawancara Tim panel akan memperhitungkan apakah mereka akan menyukai anda dan apakah anda layak dan sesuai dengan kriteria mereka.

Anda harus bersikap tenang, dan berpikir jernih dalam menjawab pertanyaan.

Tips :

Ketika pertanyaan pertama diajukan, luangkan sedikit waktu untuk mengucapkan terima kasih.

Selesaikan menjawab pertanyaan dengan tetap memandang panelis yang mengajukan pertanyaan.

Ketika pertanyaan diajukan arahkan pandangan kepada panelis yang bertanya,dan pandanglah tim panelis yang lain

Ketika anda diminta untuk bertanya ajukan pertanyaan pada salah satu panelis.


STANDAR PENILAIAN

WAWANCARA GROUP/KELOMPOK/GROUP INTERVIEW

1. Kerjasama

2. Komunikasi verbal

3. Kepemimpinan

4. Kemampuan persuasif

5. Kemampuan berhubungan

6. Kualitas kontribusi dalam diskusi.

FORMAT

WAWANCARA GROUP/ DISKUSI GRUP

Sebuah topik akan diberikan untuk didiskusikan, dan akan diberi waktu satu jam, sejumlah peninjau akan menilai selama pross diskusi berlangsung.

TUGAS TIM PENINJAU/Tim OBSERVASI

1. Menilai dan mencatat hasil dan proses diskusi

2. Menilai kualitas dari setiap kandidat

SIKAP POSITIF DALAM WAWANCARA GROUP/ DISKUSI GRUP

1. Inisiatif

2. Kompromi

3. Aktif Mendengarkan

4. Keseimbangan

5. Kejelasan

6. Informasi dan pendapat yang diberikan

7. Harapan

SIKAP NEGATIF DALAM

WAWANCARA GROUP/ DISKUSI GRUPKELOMPOK

1. Agresif

2. Mencari Perhatian

3. Mundur dari diskusi

4. Mengintimidasi kandidat lain.

KESALAHAN UMUM DALAM WAWANCARA GROUP/ DISKUSI GRUP

1. Terlalu banyak bicara dan tidak serius mendengarkan keterangan kandidat lain

2. Terlalu fokus atas kehadiran panelis/observer

3. Kurang berkontribusi atas jalannya diskusi

4. Ragu-ragu untuk mengutarakan ketidaksetujuan meskipun dengan alasan yang bagus

5. Grogi

6. Mengungkapkan bahasa verbal yang tidak pantas: volume suara, ekspresi wajah, kontak mata, dan posisi badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar